Kamis, 29 Mei 2014

Nama Panggilan

Halo semua... Lama sekali rasnya sejak terakhir saya mengisi blog ini. Sibuk mungkin ya, tapi sejujurnya lebih banyak perasaan yang tidak menentu dan rasa malas yang sayangnya semakin hari semakin mengakumulasi sehingga membuat saya malas dalam melakukan pekerjaan - pekerjaan yang perlu dilakukan.

Malam ini, ketika saya memulai menuliskan untaian kata demi kata ini pun sejujurnya saya sudah malas. Kenapa? Karena saya bingung apa yang perlu saya lakukan atau saya bagikan kepada anda sekalian. Blog ini adalah media sosial dan sebagai media sosial, bagaimana saya bisa membagikan hal - hal yang menjadi kekhawatiran saya disini? Terutama sekali karena ini adalah media sosial dan semua orang berhak dan dapat mengaksesnya.

Lalu munculah ide ini. Sebuah ide untuk berbagi mengenai nama - nama panggilan yang pernah saya miliki dan mungkin masih rekan - rekan saya pergunakan dalam memanggil saya di kehidupan saya sehari - hari. Memang secara langsung artikel ini tidak akan membuat saya menjadi terbebas dari persoalan - persoalan yang ada, namun setidaknya dengan menulis, saya dapat mengalihkan pikiran dan perasaan dari segala tekanan yang ada... Ya anda dapat menyebutnya sebagai suatu Refreshing! hahahahahaha.... So, let's begin...

1. Zeus Varian atau Zeus
Awalnya nama ini diberikan / disebutkan oleh Bapak Fransiskus, salah seorang dari guru Komputer SMP dimana saya bersekolah dahulu. Sejauh yang saya pahami, nama panggilan ini diberikan karena kesenangan saya mempergunakan karakter Zeus saat bermain DOTA / The Last Defend juga karena kebiasaan saya yang suka berapi - api terutama saat saya emosional.
Selepas SMP, saya kemudian mempergunakan nama ini sebagai code sign ataupun sebagai nickname khususnya dalam account - account sosial yang saya miliki. Nama Varian saya tambahkan mengingat keinginan saya untuk membentuk identitas diri yang berpusat pada nama Zeus Varian dan menjadi pribadi yang beragam yang bisa diterima di kelompok mana saja (Suatu keputusan yang sampai saat ini masih saya perdebatkan apakah terbukti menjadikan saya lebih baik atau justru lebih buruk karena kesulitan saya menentukan karakter / identitas diri saya yang sebenarnya). Zeus adalah nama Dewa Yunani yang juga pemimpin dari Dunia dalam Mythologi Yunani. Sekalipun saya terus menerus menggunakan nama ini sebagai Nickname ataupun code sign, namun rasanya tidak ada yang pernah memanggil saya dengan nama ini kecuali Katrin ataupun Kezia, itupun hanya untuk sapaan awal.

2. Botil
Nah, kalau nama ini sih nyaris semua teman seangkatan khususnya di SMP dan SMA mempergunakannya. Ya, BOTIL! Botil adalah suatu akronim atau singkatan yang berarti Botak Berkutil! Nama ini pertamakali tercipta / terdengar lagi - lagi saat saya SMP. Orang pertama yang sering mempergunakannya adalah Joviano R. Elan dan juga Dicky (entah dimana dirimu sekarang sobat?).

Terlepas dari ketidaksukaan saya akan nama ini, toh rekan - rekan SMP dan SMA saya mayoritas mengenali saya dari nama ini. Justru ketika disebutkan nama Michael Varian mereka tidak akan mengenalinya sementara begitu disebut botil, mereka akan langsung atau segera mengingatnya.
Berawal dari ketidaksukaan, sekarang secara tidak langsung saya menggangap nama ini sebagai bentuk bahwa saya masih di-ingat oleh rekan - rekan khususnya teman SMP dan SMA.

Sedikit catatan, buat kamu adik - adik kelas mulai dari 2 tahun dibawah saya, jangan coba - coba memanggil saya dengan nama ini. Saya akan pastikan saya akan mengamuk mulai dari huruf A sampai ke Z. You didn't deserve the right to call me with this nickname! Hanya mereka yang pernah bermandi keringat bersama saya dan berjalan bersama dengan saya yang bisa memanggil saya dengan nama ini. Sudah ada yang merasakan amarah saya akibat ini, bukan begitu @P**** dan rekan - rekan sekelasnya?

3. Onta / Unta
Kalau nama ini sih cuman dipake selama saya kelas 7 SMP. Itupun awal mulanya karena kebiasaan saya membawa minum dengan botol 1.5 liter, suatu kebiasaan yang belum cukup familiar saat itu. Selain karena kebiasaan minum tersebut, nama ini juga diberikan karena setelah minum biasanya saya bisa berlari dengan kencang sehingga hampir setara dengan salah satu cowo tercepat di kelas saya atas nama Edward. Sekarang yang masih memanggil nama onta ini paling hanya Marlene H. dan juga Katrin.

4. Ko Mike
Ya kalau nama ini nggak perlu dijabarkan panjang lebar lah ya? Nama panjang michael, di ringkas menjadi mike lalu tambahkan istilah Ko untuk Koko / Kakak Laki - Laki. Pengguna nama panggilan ini? Banyak, namun mayoritas sih siswa SMAK 3 mulai angkatan 2010 juga anak - anak Character Building.

5. Varian
Nama terakhir yang akan saya ceritakan adalah nama tengah saya. Yak! Varian! Berawal dari banyaknya nama Michael di SMP, maka untuk memudahkan pemanggilan maka ada beberapa rekan khususnya pengurus OSIS yang memanggil saya dengan istilah Varian. Salah seorangnya adalah Kezia C. dan Debora R. Sekarang nama Varian biasanya hanya dipakai oleh mereka yang kesulitan untuk memanggil nama saya ketika saya berada di tengah - tengah michael - michael lainnya.

Mungkin saja ada nama - nama panggilan lainnya yang terlewat saya jabarkan seperti Phoenix, Suami siaga, Bocah berapi, Keamanan dan lain sebangsanya.. Namun, setidaknya lima nama diatas bisa membantu saya maupun anda ketika memutuskan akan memanggil saya dengan nama apa.

Sekalipun nama memiliki kekuatan, saya cenderung cuek dengan nama apa anda akan memanggil saya selama saya  tahu bahwa nama yang anda sebutkan memang sebuah kata yang merujuk kepada saya.

Demikianlah artikel saya malam ini. Jika anda berkenan, tinggalkanlah komentar anda pada barisan komentar yang telah disediakan.

Terimakasih dan selamat malam. (29 Mei 2014, pukul 00.52)

Tidak ada komentar: