Selasa, 25 Maret 2014

Jadilah penulis kehidupanmu sendiri

Pagi tadi rekan saya Grace Celia Djajadi Liem membagikan link dibawah ini.

http://www.kaskus.co.id/thread/5328a477faca174c3600012f/help-gan-temen-ane-jadi-goblk-sejak-kenal-anime/

Sekilas judulnya agak "keras" dan membuat kita berpikir sejenak bagaimana bisa anime mengubah seseorang menjadi goblok.

Dan sekarang, malam ini saya paham kenapa hal ini bisa terjadi setidaknya dalam versi saya sendiri tentunya.


Anime menawarkan suatu dunia yang menarik dan memberi nuansa berbeda dari yang kita alami di kehidupan sehari - hari. Tengok saja perjalanan hidup Kirigaya Kazuto atau yang lebih dikenal sebagai Kirito dalam anime Sword Art Online, atau perjalanan kisah Haruto Tokishima dalam Kakumeiki Valvare atau Uzumaki Naruto dalam serial Naruto, dan lain sebagainya.

Setiap tokoh tadi mengalami perubahan drastis dari seorang yang mungkin hanya seorang diri atau hanya di terima sekelompok tertentu menjadi seorang tokoh utama yang mempengaruhi kehidupan orang - orang di sekitarnya dalam skala yang lebih besar. Anime juga memberikan kenyamanan dan tantangan serta daya fantasi yang mungkin ingin kita alami dalam kehidupan kita sehari - hari (dalam kasus saya mungkin saya ingin berada di dunia Sword Art Online atau dalam Accel World).

Kenyamanan dan mungkin rasa persahabatan yang ada dalam dunia anime inilah yang mungkin membuat kita cemburu sehingga tenggelam didalamnya. Maklum saja, dewasa ini sering kali kita sebagai manusia berbuat hal yang secara sengaja atau tidak mengecewakan orang disekitar kita mulai dari menjanjikan sesuatu yang tidak bisa dipenuhi, membatalkan janji atau membuat orang menunggu atau bercanda yang tidak pada tempatnya. Memang benar bahwa dalam dunia anime pun hal - hal ini terjadi, namun selalu atau selama yang saya lihat, ada sekelompok orang yang akan hadir menyelamatkan atau membela tokoh utama tersebut sementara di kesehearian kita tidak demikian.

Banyak hal lain yang mungkin membuat seseorang tenggelam dalam dunianya sendiri (tidak harus anime), namun kita tidak boleh lupa bahwa dunia menawarkan suatu hal yang tidak kalah menariknya bahkan hanya ada di dunia ini. Hal itu adalah kebebasan untuk menentukan jalan cerita kita sendiri. Ya, jika dalam anime jalan cerita sudah ada di tangan penulis naskah atau pengarang lite novelnya maka hidup kita hanya kita yang bisa menuliskan ceritanya tentunya bersama dengan campur tangan daripada Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini yang harus kita ingat, kita pegang dan kita amalkan serta cobalah untuk lebih peka dan peduli terhadap lingkungan disekitar. Seandainya memang tidak bisa, janganlah membuat janji yang tidak bisa kita penuhi.

Sebuah pembelajaran untuk kita,  untuk anda dan terlebih untuk saya sendiri. Selamat menjadi penulis naskah kehidupan yang indah semua!

Tuhan Memberkati!

Tidak ada komentar: