Jumat, 25 Januari 2013

2013, Job desk dan Harapan kedepan

Saya dan Renaldi (Anggota OSIS selama 2 tahun berturut)
Keterangan gambar : Persiapan 30 tahun SMAK 3 BPK.
Tanpa terasa sudah hampir 3 (tiga) minggu kita menjalani kehidupan kita di tahun 2013 ini... Memang sudah terlambat, namun tak ada salahnya jika pada kesempatan kali ini saya menyampaikan ucapan "Selamat Tahun Baru 2013". Orang jaman dahulu pernah berkata, "Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali". Semoga di tahun yang baru ini kita bisa lebih baik dan lebih baik lagi. 

Untuk mengawali artikel saya di tahun 2013 ini, saya ingin menceritakan mengenai Job Desk saya di tempat saya bekerja. Seperti yang mungkin para pembaca ketahui, tanpa terasa hampir genap 3 tahun lamanya saya memperoleh kesempatan yang Luar Biasa untuk menjadi seorang pengajar. Walaupun hampir genap 3 tahun, sebenarnya hanya 2 tahun sajalah yang tercatat secara resmi mengingat pada awalnya saya hanya mendampingi  kegiatan S3CB secara sukarela bersama rekan - rekan saya.


Untuk tahun pendidikan 2012 - 2013 ini, saya memperoleh kesempatan untuk belajar dan bekerja dalam 3 bidang yakni : 1. Pembimbing S3CB (melanjutkan pekerjaan tahun sebelum); 2. Staff Multimedia dan 3. Koordinator Web (juga melanjutkan pekerjaan tahun sebelum). Pekerjaan yang mungkin menurut sebagian orang mudah, juga mungkin sulit dan rumit bagi sebagian orang lainnya. Bagi saya secara pribadi, kesempatan seperti ini merupakan Anugerah. Karena dengan adanya kesempatan ini, saya bisa lebih banyak belajar mengenal pribadi dan karakter orang lain juga memperoleh relasi serta jaringan yang mungkin akan bermanfaat bagi kehidupan saya mendatang.

Pembukaan S3CB 2012 - 2013
Pekerjaan pertama seharusnya tidak sesulit pekerjaan - pekerjaan lain yang telah saya sebutkan di atas. Bagaimanapun, sudah hampir tiga tahun saya menjalankan tugas ini. Namun sikap memandang santai inilah yang terbukti membawa banyak masalah dalam perjalanan pekerjaan saya selama 6 bulan terakhir. Yakin akan kemampuan sendiri dan tim yang ada, membuat saya sedikit lengah dan jumawa (Suatu hal yang seharusnya bisa saya hindari) sehingga menyebabkan banyaknya program yang ada sedikit tersendat namun tidak sampai berhenti. Suatu hal yang baik ditengah kekacauan yang seharusnya bisa dihindarkan.

Pekerjaan kedua dan ketiga cukuplah saya katakan jauh lebih baik dari pekerjaan pertama. Untuk pekerjaan kedua, saya memperoleh banyak bantuan dari rekan - rekan ekstra Photografi yang baru saja dibentuk di tahun pelajaran ini. Dan yang cukup membantu, pengajarnya adalah Sahabat dan Rekan saya semenjak SMA sehingga memudahkan saya dalam menjalani pekerjaan yang ada. Sementara pekerjaan ketiga, sekalipun saya tidak bisa sering hadir di sekolah namun lagi - lagi bantuan tetap ada. Kali ini dalam diri beberapa siswa yang bersedia menjadi mata dan telinga dalam meliput setiap kegiatan yang sekolah adakan.

Terlepas dari semua yang telah terjadi di tahun 2012 yang lampau, saya patut bersyukur bahwa dari segala hal yang ada - Tuhan masih berkenan untuk membimbing dan mendampingi langkah kehidupan saya. Hal inilah yang membuat saya sangat optimis untuk menghadapi tahun 2013 ini.

Para Peserta Bina Guru 2013
Lepas dari kenyataan bahwa baru 24 hari kita menjalani tahun 2013 ini, Tuhan sudah menyediakan banyak kesempatan bagi saya, rekan sekerja dan tim untuk mempersiapkan diri menghadapi tahun 2013 yang menurut sebagian pihak penuh dengan tantangan. Mulai dari adanya kegiatan Bina Guru (yang memberikan kami para guru kesempatan untuk saling mengenal dan memberikan masukan), kegiatan kebersamaan dalam bentuk Pra-LDK (yang memberikan kesempatan bagi saya dan tim OSIS yang baru terbentuk untuk menyusun program dan lebih mengenal arti dari keberadaan OSIS itu sendiri) hingga pelaksanaan kegiatan Care Service pada minggu yang lalu (yang memberikan kesempatan bagi saya dan tim untuk menyadari kesalahan yang telah saya singgung diatas). Kesemua kesempatan ini menunjukan bahwa Yang Maha Kuasa tidak begitu saja diam, namun turut hadir dalam kehidupan kita.

Sehingga pada akhirnya, semua kembali ke tangan saya dan anda terutama sekali tim S3CB yang saya kasihi untuk berkomitmen dan memperbaiki setiap kelemahan kita sehingga kedepannya kita dapat menjadi lebih dan lebih baik lagi. Semoga apa yang bisa saya ceritakan kali ini bisa menjadi gambaran bagi kita semua mengenai betapa dalam kegelapan sekalipun, kuasa Tuhan itu turut bekerja.

Akhir kata, Selamat menjalani tahun 2013! Selamat berjuang dan selamat berusaha. Kiranya Tuhan memberkati kita semua.

Para Peserta Pra LDK

NB : Semester depan (6) akan menjalankan 23 SKS. Pray for me, Friends!

3 komentar:

blue molecule mengatakan...

Nice blog Mike,

23 sks untuk semester ini? bakalan cukup menyita waktu loh, semoga tidak menyita kondisi kesehatan juga, melihat beberapa kali kamu hampir tumbang karena sakit, hehehe..

Sebuah ungkapan hati yang cukup dalam, karena sebagai mahasiswa kamu memiliki tanggung jawab cukup berat (dan utama, menurut saya), ditambah tanggung jawab sebagai salah satu staf profesional di SMAK 3. Sangat baik bila kamu bisa melakukan manajemen waktu yang efektif dan efisien dalam menjalani kedua hal tersebut.

Dukungan dan doa selalu diupayakan, meski tampaknya tidak selalu terealisasikan pada saat dibutuhkan (^_^) semoga masih ada dorongan dari pihak-pihak lain yang mampu membangkitkan semangat dalam diri kamu.

God bless!

AndyAgus mengatakan...

Ini adalah awal, Ini bagian dari sebuah proses. Tidak ada yang mudah ketika kita berproses, yang paling penting kerinduan untuk melayani. bukan sekedar materi yang kita dapat, tapi kesungguhan menjalani proses dari Tuhan.

jadi inget lagu CherryBelle "jangan pernah merasa sendiri, jangan pernah kau berkecil hati, hilangkan semua rasa gelisah, tunjukkan pada dunia kau bisa, suatu hari kau akan melihat kau akan jadi bintang yang bersinar, tetaplah kuat, berani, kaulah bintang hidupmu"

tulisan ini juga jadi satu bagian proses diri kamu untuk menjadi penulis besar.

2013 semoga menjadi lebih baik, lebih PD, jangan terus dibelakang layar, coba didepan, memabwakan sebuah materi dari studi yang kamu dapatkan yang bisa menginspirasi anak-anak SMAK 3.

Tuhan Yesus memberkati selalu
oh iya "jika kita setia dengan tanggung jawab kecil ini, maka Tuhan akan mempercayakan tanggung jawab besar padamu."

Do the best and let God do the rest.

Unknown mengatakan...

@Blue Molecule :
Yep sir.. 23 SKS. Amazing right? Iya sir. Bakal jadi perkuliahan yang luar biasa. Tapi saya yakin masih sanggup. Well, setidaknya dengan tim yang ada saat ini saya cukup yakin bahwa kegiatan saya di SMAK 3 tidak akan mengganggu 23 SKS ini. Semangat!

Well... Saya belum merasa menjadi staff profesional mengingat ilmu yang dimiliki masih terbatas. Itulah kenapa saya sangat berharap dapat menyelesaikan kuliah ini dengan cepat untuk menggali potensi di bidang lainnya.

@Bapak AndyAgus :

Yep. This is beginning. This is the start.
Hm.. 2 tahun terakhir saya sudah membawakan materi pak. Yang teraktual adalah di Pra-LDK OSIS Betsaida. Saya membawakan 2 Materi mengenai OSIS dan Program - programnya.

Terimakasih untuk dukungannya selama ini.