Selasa, 09 Oktober 2012

Memasuki dasawarsa kedua dalam hidup

Gak kerasa beberapa jam kedepan usiaku akan bertambah menjadi 20 tahun. 

Menyenangkan? Mungkin. Bertambah tua? Tentu. Bertambah dewasa? Itu relatif.

Pertambahan usia kali ini sedikit berbeda dengan pertambahan usia biasanya. Kenapa? Karena masih banyak pertanyaan yang belum terjawab. Seperti yang mungkin kita sadari, tahun ini saya memasuki semester 5. Semester depan sudah memasuki tahap penjurusan dan sampai saat ini saya masih belum menentukan akan memilih apa dari 4 bidang keahlian akuntansi yang ada di kampus.

Dan jika melihat jauh kedepan, saya pun masih belum bisa menentukan akan menjadi apa saya nantinya. Guru? Ok, itu suatu pekerjaan yang menyenangkan dan saya pernah mendapat kesempatan mengajar selama kurang lebih 8 bulan. Dari apa yg saya alami, mengajar itu menyenangkan namun kewajiban mengkoreksi dan melengkapi berkas administrasi terkadang terkesan menjadi beban.

Menjadi photografer? Hahaha. Saya memang menyukai memotret. Tapi tak pernah terbayangkan bagiku untuk menjadikannya mata pencaharian. Selain karena masalah buta warna, saya tidaklah menyukai aktivitas editing karena buruknya kreativitas yg saya miliki.

Maka akan menjadi apa saya kedepan? Manager like my father? No. And never. Saya gak pernah suka dengan yang namanya aktifitas dagang. Sangat tidak menyenangkan kalau menurut saya itu.
Pertanyaan lain yang masih belum terjawab adalah who am I? Bukan berarti saya amnesia atau semacamnya, namun sejauh ini saya masih belum memahami siapakah saya, apa kelebihan - kekurangan maupun keterampilan yang saya miliki. Saya pikir, dengan pertanyaan ini terjawab, mungkin akan lebih membantu dalam menentukan jenjang karir yang akan saya pilih nantinya.

Hmm... Pada akhirnya terlepas dari semua yang terjadi atau banyaknya pertanyaan yang belum terjawab, perjalanan hidup kedepan masih harus kita jalani. Banyak hal baru dan tantangan yang menanti didepan. Kelelahan batin maupun fisik pasti kan terjadi, namun bersamamu teman semua kan terasa lebih ringan...

Saya siap untuk menyambut dasawarsa kedua dalam hidup saya dan semoga kalian pun begitu. Keep spirit people.

Michael Varian

Tidak ada komentar: