Kamis, 02 Februari 2012

Being a teacher...

Tak pernah terbayangkan sebelumnya, bahwa aku bisa meraih cita- citaku dalam waktu secepat ini. Dulu waktu SMA memang pernah kepikiran buat jadi bagian dari dunia pendidikan, entah menjadi seorang guru extra atau menjadi staff tata usaha. Karena entah kenapa aku menikmati masa - masa ketika berada di SMA. Selama SMA, aq merasakan kehangatan dan juga tantangan yang luar biasa dan itulah mengapa aku menikmati masa - masa SMA sebagai anggota OSIS.

Semenjak lulus SMA, rasanya hidup menjadi kurang menarik. Itulah sebabnya, aq memutuskan untuk meluangkan setiap waktu luang yang aku miliki di SMA. Entah itu hanya sekedar setor muka dengan bapak ibu guru, ataupun berkunjung ke perpustakaan untuk mencari bacaan. Awalnya hanya sesekali dalam seminggu dan makin lama intensitas kunjungan pun semakin bertambah. Karenanya ketika terjadi kekosongan posisi pembimbing di tim SMAK 3 Character Building, aq dan beberapa teman seperti Marcell serta Selvi pun mendapat kesempatan untuk mengisi posisi tersebut.


Apakah kami sudah menjadi guru? Well, secara jujur jawabannya adalah belum. Kami masih berstatus sebagai simpatisan. Walau begitu, kami menikmati pekerjaan kami untuk mendampingi SMAK 3 Character Building. Kenapa demikian? Karena kami sendiri merasakan manfaat dari keberadaan SMAK 3 Character Building (akan dibahas di post selanjutnya). Dan diantara kami bertiga, bisa dibilang aq yang paling sering dateng ke sekolah untuk membantu apa yang bisa kubantu, entah itu membuat kartu pelajar, pentas seni, festival dance dan lain - lain. 

Satu tahun kami bekerja sama dan mengingat aktivitas serta kesibukan masing - masing, kami mencoba saling melengkapi dan mendukung. Dan setelah masa tugas 1 tahun berakhir, aq pun mendapat panggilanku. Ya, Kepala sekolah dan wakilnya menginginkan aku untuk memasukan lamaran pekerjaan.

Dan demikianlah awal kisahku menjadi seorang guru. Awalnya aq bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan dari SMAK 3 Character Building, dan managment daripada blog SMAK 3 BPK. Namun siapa yang menyangka bahwa tantangan yang lebih besar telah menanti di depan. Sekitar bulan september, salah seorang guru rumpun IPS mengundurkan diri. Mengingat persiapan Mid Semester, aq diminta untuk mempersiapkan adik - adik kelas menghadapi mid tersebut. Well, mengingat waktu yang diberikan hanya sekitar 1 bulan, aku pun menyanggupi permintaan tersebut.

Dan semenjak itulah, sampai dengan saat ini aku mendapat kepercayaan untuk menjadi seorang guru. Tidak hanya pembimbing SMAK 3 Character Building, namun juga guru Akuntansi. Kadang terlintas perasaan takut dan khawatir, mengingat setiap proses yang terjadi akan menentukan persiapan murid - murid menghadapi Ujian Nasional nantinya. Namun aku pun akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa tidak hanya mereka yang perlu mempersiapkan diri, aku pun perlu untuk menambah ilmu lebih dan lebih lagi demi membimbing mereka lebih baik lagi.

Dan begitulah kisahku hingga sekarang aku telah hampir 8 bulan lamanya menjadi seorang tenaga pengajar dan pendidik. Tanggung jawab yang berat untuk seorang remaja emosional berusia 19 tahun, namun aku yakin bahwa inilah tantangan yang Tuhan berikan untuk mempersiapkanku dalam perjalanan hidupku ke depannya. Doakan semoga kami semua sukses ya teman...

Tidak ada komentar: