Sabtu, 01 Oktober 2011

Mengapa Akuntansi?

Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Bulan oktober ini tepat bulan ke-15 aku kuliah di jurusan Akuntansi di salah satu perguruan tinggi swasta ternama di kota Bandung. Walaupun sudah berjalan begitu lama (1 tahun 3 bulan), masih saja ada banyak pertanyaan yang mempertanyakan alasanku memilih jurusan akuntansi ini. Itulah mengapa artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan tersebut.


Alasan pertama kenapa aku memilih akuntansi itu sederhana. Yakni karena pada dasarnya aku menyukai proses akuntansi. Proses akuntansi yang dimulai dari pencatatan sederhana sampai dengan pembuatan laporan laba rugi, jurnal penutup, dll. Proses yang saling sambung menyambung dan kait-mengkait inilah yang membuat aq tertarik dengan akuntansi.

Alasan yang kedua adalah karena adanya fakta bahwa hidup manusia tuh gak bisa lepas dari faktor ekonomi, sehingga bagiku tak ada salahnya untuk menambah pengetahuan dalam bidang ini. Karena sejauh pengetahuanku, akuntansi tuh gak cuman membahas mengenai pembukuan semata. Tapi juga membahas bagaimana perhitungan besaran biaya, memperhitungkan pula berapa besarnya nilai uang di masa mendatang dan sebagainya.

Dan alasan terakhir adalah karena akuntan masih menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan, organisasi bahkan individu terutama dalam penyusunan SPT.

Inilah kira - kira gambaran dari alasan mengapa aku mengambil jurusan akuntansi. Setelah menjalani selama satu tahun terakhir, dapat disimpulkan bahwa akuntansi memang sulit namun bukan berarti tidak bisa untuk dilewati. Setidaknya itulah yang aku yakini.  Doakan saja semoga aku bisa secepatnya menyelesaikan pendidikan strata 1 ku ini. Amin!

Tidak ada komentar: